Jumat, 12 Februari 2010

Motif Serawak (Kalimantan)


K
alimantan, siapa sih yang tidak kenal dengan motif Kalimantan (serawak)? Semua wisatawan lokal maupun asing pasti sudah mengenal motif khas dari Kalimantan ini. Awal mula Tiara Tenun Ikat Troso memproduksi motif ini yaitu di era tahun 1990-an. Saat itu pula ramainya pesanan dari showroom di Lombok maupun Pelanggan di Pasar Cakranegara, NTB. Dan dahulu itu kualitas masih minim karena belum ketemu dari teori dan eksperimen yang kami uji. Dari tahap-tahap eksperimen yang kami uji, akhirnya membuahkan hasil maksimal dan sampai sekarang kualitas semakin terjaga. Karena faktor majunya IPTEK dan perkembangan zaman. Dan sekarang, Hadi Suyanto mempunyai teori yang bersifat rahasia untuk meningkatkan kualitas produk Tiara tersebut.
Syal Kalimantan (2x0,25m)
Taplak Kalimantan (1,1x0,5m)

Dari tahun ke tahun, pesanan Motif ini tak pernah macet untuk memproduksinya. Karena dari identik klasik coraknya, dan motif ini paling rumit proses pembuatannya dan prosesnya memakan waktu yang cukup lama daripada motif yang lainnya. Oleh karena itu, kain yang bermotif Kalimantan ini sangat jelas lebih mahal harganya dan paling mahal harganya di antara motif yang lain.
Selendhang Kalimantan (Samping Kanan)
Kalimantan kecil(1,2x2,5m)

Hadi Suyanto mengatakan “Harga kain ini tentu berbeda sedikit maupun beda jauh dengan pengrajin lain, meskipun motif hampir sama tapi bahan tentu bisa dibedakan. Karena terbukti untuk menjaga kualitas demi kenyamanan pelanggan kami. Oleh sebab itu, kami selalu menjaga nama produk dan kualitas kami, meskipun kami hanyalah pengrajin UKM bukan pengrajin besar yang ternama, yang penting kami selalu lancar dalam melayani pelanggan.
Kalimantan King Size (3x2m)

Selendhang Kalimantan (2x0,5)
Kalimantan Merah Maron
Tiara tenun ini memproduksi motif ini beraneka bentuk ukuran dan warna. Untuk warna paling umumnya warna merah maron, pink, merah cerah dan biru. Dan dilihat segi jenis ukurannya, ada yang syal, selendhang, taplak, kain kecil (1,2x2,5m) dan king size (2x3). Dan perlu diingat, ketersediaan kain belum tentu ada tiap waktu, sebab mengikuti alur omzet orderan dari Lombok, Bali dan Jakarta dan harga pun bisa menyesuaikan.
Kalimantan Orange

1 komentar: