Minggu, 15 Mei 2011

Kegiatan Singkat Tiara Tenun Ikat Troso Sampai Awal 2011


A
ktivitas Tiara tenun troso bukan hanya dalam kegiatan bisnis, jual beli saja, tetapi banyak kegiatan umum yang bermanfaat untuk berkembangnya kecerdasan anak bangsa. Misalkan adanya penelitian air limbah dari pencelupan warna kain, penelitian skripsi sampai 3 kali salah satunya mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) dari Kudus, study banding SMK Tuban Lamongan, wawancara majalah LPM Edukasi tentang penelusuran sejarah tenun Troso, Wisata kerajinan dari Klaten dan lain sebagainya. Aktivitas Hadi Suyanto (Tiara Tenun Troso) secara umum dapat digambarkan sebagai berikut:
Di tahun 2007, UKM Tiara Tenun pernah membimbing pelatihan workshop ATBM di pemerintah Disperindag Saumlaki Ambon Maluku selama 3 bulan.
Di Tahun 2008, Menerima Tamu UKM ATBM Lamongan, Tuban untuk Study banding selama sehari, dan kebanyakan peserta Pelajar SMK. Dan akhir 2008, ada wawancara dari mahasiswa UMK Kudus dalam pembuatan skripsi.
Di Tahun 2009, Hadi Suyanto (Tiara) diundang Pemkab Pontianak untuk sebagai pembimbing kerajinan ATBM Jepara di Disperindag Pontianak, Kalimantan Barat selama 1,5 bulan. Dan akhir 2009, ada wawancara dari mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonmi dalam pembuatan skripsi.
Dan di tahun 2010, Dan di awal tahun 2010, Tiara tenun ikat sempat dapat tawaran undangan sebagai pembimbing untuk ke provinsi Aceh besar, tetapi Hadi Suyanto menolak karena alasan tertentu. Sebab Tiara Tenun tidak bisa menerima tawaran tersebut dikarenakan masih sibuknya dengan pesanan  ke luar kota, jadi tidak ada waktu untuk acara tersebut.
Pada pertengahan tahun 2010 ada wawancara dari mahasiswa UMK Kudus lagi dalam pembuatan skripsi.
Di Akhir 2010, tepatnya pada tanggal 4 November 2010, Hadi Suyanto (Tiara Tenun Ikat Troso) diajak Balai Besar Diklat (Balai Batik) Yogyakarta ke Pontianak lagi, tapi ini ke kabupaten Sintang-nya untuk mengisi acara dan membimbing tentang pelatihan ATBM selama 2 minggu.
Di Awal 2011, Hadi Suyanto kerjasama dengan DISPERINDAG Jepara, Koordinator Tenun Nusantara, Thamrin City Jakarta Pusat. Untuk ikut meramaikan mall tersebut dengan pengrajin tenun Troso lainnya berjumlah 15 UKM dan pengrajin tenun lainnya misalnya Majalaya Bandung.
Di Awal 2011, Pemilik Tiara Tenun, hadi suyanto diajak balai Besar Diklat Yogyakarta, untuk membimbing pelatihan Proses “Mbungkar” Ikat pakan di Pedan, klaten selama sehari.
Pada bulan April 2011, menerima tawaran dari pasar mall Pondok Gede untuk diajak kerjasama meramaikan pusat shoping tersebut. Dan pada bulan tersebut juga, UKM Tiara Tenun Ikat Troso ikut berpartisipasi sebagai salah satu Donatur kegiatan Keluarga Mahasiswa Jepara Semarang (KMJS) Pusat dalam Acara untuk mewarnai Semarak HUT Jepara Ke 462 yang diselenggarakan di Pantai Kartini, pada tanggal 16-17 April 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar